Saturday, February 16, 2013

Tips Memilih Dan Pindah Web Hosting

Ada banyak alasan mengapa anda atau sebuah perusahaan ingin pindah ke sebuah jasa pelayanan web hosting yang baru. Alasanya mungkin sederhana karena tidak cukup ruang penyimpanan atau bandwidth, atau bisa juga karena layanan pelanggan yang tidak memuaskan dan lain sebagainya.

Pindah ke sebuah jasa pelayanan web hosting yang baru mungkin terkesan sulit dan rumit, tetapi tidak serumit yang anda bayangkan. Anda hanya perlu mengingat dan melakukan beberapa hal ini.


Tips Pindah Web Hosting



  • Carilah web hosting baru yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda dan memiliki kualitas, fitur dan pelayanan yang terbaik yang tidak anda dapatkan di web hosting anda yang lama.
  • Backuplah data website anda yang lama, karena jika terjadi masalah saat pemindahan data ke web hosting yang baru anda bisa mengembalikannya seperti semula.
  • Gantilah DNS record website di web hosting anda yang baru, biasanya bisa anda ganti saat membuat akun yang baru.
  • Tetap gunakan web hosting anda yang lama sampai proses pemindahan ke web hosting yang baru benar-benar selesai.
  • Tetap gunakan dahulu akun hosting lama anda selama seminggu setelah proses pemindahan ke hosting yang baru selesai.

Sebelum anda memilih web hosting yang baru saya akan berikan beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan, silahkan di simak.


Tips Memilih Web Hosting



  1. Jenis OS ( Windows atau Linux ) » Ini tergantung dari teknologi yang website anda butuhkan. Misal website anda membutuhkan ASP, MSSQL, MSACCESS atau teknologi lainnya dari Microsoft maka anda perlu memilih jenis OS Windows tentunya.
  2. Bandwith dan Disk Space » Pastikan kuota data dan kuota penyimpanan yang akan anda dapatkan, yang terbaik tentu yang unlimited.
  3. Data Backup » Pastikan juga web hosting tersebut memiliki layanan data backup sehinggga memudahkan anda dalam membackup data-data website di kemudian hari.
  4. Uptime » Jangan pernah memilih web hosting yang mempunyai uptime rendah karena anda akan kehilangan banyak konsumen nantinya, jadi usahakan mencari web hosting yang memberikan jaminan uptime minimal 99.5%.
  5. Support » Anda sebagai seorang konsumen tentu berhak mendapatkan pelayanan yang terbaik, jadi anda cek juga bagaimana pelayanan yang mereka berikan terhadap konsumennya.
  6. Server » Cari tau dimana server web hosting mereka berada, jadi anda bisa menyesuaikan dengan prioritas konsumen website anda.
  7. Upgrade Paket » Anda tidak akan pernah tau jika suatu saat nanti bisnis online yang anda jalankan akan berkembang dengan jumlah konsumen yang meningkat tajam. Jadi sudah pasti anda akan memerlukan kuota data dan penyimpanan yang lebih besar. Jadi pastikan web hosting anda memberikan kebebasan untuk berganti paket kapanpun anda mau.
  8. Fitur » Carilah web hosting yang memberikan fitur terbaik. Minimal mereka memberikan fitur FTP, SSH, PHP, Perl, CGI, Subdomain, Statistic, Logs, Front Page Extensions dan Email.
  9. Pengoperasian » Jangan sampai anda kesusahan dalam menggunakan web hosting anda. Jadi patikan pilih web hosting yang memiliki C-panel yang mudah dimengerti dan digunakan. Anda bisa mencoba demonya yang biasanya disediakan oleh jasa pelayanan hosting terlebih dahulu.
  10. Pembayaran » Yang terkhir masalah pembayaran paket web hosting yang akan anda gunakan. Carilah web hosting yang memperbolehkan anda untuk membayar paket tiap bulannya jadi anda tidak diharuskan langsung membayar paket pertahun karena anda tidak akan pernah tahu bagaimana perkembangan bisnis online anda kedepannya. Yang lebih baiknya anda cari web hosting murah yang juga memberikan diskon.


Sekian dahulu yang bisa saya bagikan kepada nada pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat. Bagi anda yang yang lagi mencari web hosting murah bisa baca artikel saya yang terdahulu tentang list hosting murah indonesia.

Jangan lupa berbagi artikel ini kepada orang yang anda kenal melalui sosial media, terima kasih.

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete